Cara menghilangkan psoriasis

Posted on

Cara menghilangkan psoriasis – Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum dimana siklus hidup sel kulit terganggu. Sel akhirnya menumpuk di atas satu sama lain, mengakibatkan bercak, sisik, tidak nyaman, dan terkadang terasa sakit pada kulit. Selain berbagai perawatan medis, perubahan gaya hidup sehari-hari dapat membantu meringankan gejala psoriasis.

Cara menghilangkan psoriasis

Cobalah kortikosteroid topikal. Kortikosteroid topikal biasanya merupakan pengobatan pertama yang direkomendasikan untuk psoriasis. Jika digunakan dengan benar, mereka bisa sangat efektif. Kortikosteroid datang dalam berbagai jenis. Ada semprotan, krim, gel, salep, larutan, dan busa. Tipe yang Anda pilih bergantung pada preferensi pribadi, serta lokasi psoriasis (misalnya, gunakan cairan untuk psoriasis pada kulit kepala), namun jika Anda khawatir memilih merek yang tepat, hubungi dokter Anda.

Kekuatan bervariasi. Idealnya, Anda harus menggunakan jenis yang lebih kuat di daerah yang sulit seperti siku dan lutut dan gunakan variasi yang lebih ringan di wajah dan ketiak Anda. Krim biasanya dioleskan sekali atau dua kali sehari, tapi sebaiknya batasi pemakaian steroid yang lebih kuat. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan ruam dan kulit tetap menipis dan kerusakan lainnya.

Cara menghilangkan psoriasis

Beli asam salisilat di apotek. Asam salisilat adalah krim topikal yang tersedia di sebagian besar toko obat dan supermarket. Jika kortikosteroid tidak memperbaiki gejala sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa mencoba menambahkan asam salisilat ke rejimen perawatan kulit Anda. Asam salisilat mencegah penskalaan dan gejala ruam lainnya. Anda tidak memerlukan resep untuk membeli asam salisilat tapi Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan krim tambahan, terutama jika Anda meminum obat lain. Asam salisilat sering dikombinasikan dengan kortikosteroid dan pilihan pengobatan lainnya.

Cobalah analog vitamin D. Vitamin D analog adalah bentuk sintetis vitamin D. Anda umumnya memerlukan resep untuk analog, jadi Anda harus berbicara dengan dokter Anda jika itu adalah sesuatu yang Anda minati. Calcipotriene (Dovonex) adalah krim yang paling banyak diresepkan yang mengandung vitamin D. Ini digunakan sendiri atau bersamaan dengan pilihan pengobatan lainnya. Kelemahan utama adalah iritasi kulit potensial, yang dapat memperburuk psoriasis yang ada. Sayangnya, analog vitamin D tidak bekerja untuk semua orang. Tanyakan kepada dokter Anda apakah ini bisa membantu Anda.

Gunakan retinoid oral. Retinoid juga datang dalam bentuk oral dan, karena hubungan obat dengan Vitamin A, mereka dapat mengurangi produksi sel kulit. Ini membantu memperlambat penskalaan dan pengelupasan yang terkait dengan psoriasis.

Biasanya, retinoid oral diresepkan jika psoriasis Anda tidak merespons pilihan pengobatan lainnya. Kelemahan utama adalah bahwa gejala psoriasis sering kembali saat pengobatan berhenti. Kerontokan rambut dan peradangan bibir bisa terjadi saat retinoid oral. Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya tidak memakai retinoid oral karena bisa menyebabkan cacat lahir yang parah.

Dapatkan lebih banyak paparan sinar matahari. Sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari membunuh sel T di kulit. Ini memperlambat omset sel kulit, yang bisa mengurangi pengelupasan yang terkait dengan psoriasis. Inilah sebabnya mengapa terapi menggunakan lampu UV bisa menjadi cara yang bagus untuk memerangi psoriasis.

Pemaparan berkala terhadap sejumlah kecil sinar matahari dapat membantu psoriasis. Jika Anda tinggal di daerah yang cerah, terapi cahaya bisa dimulai dengan cahaya alami. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum Anda menambahkan paparan sinar matahari alami pada rejimen perawatan kulit Anda. Dia harus bisa memberi tahu Anda cara teraman untuk mendapatkan sinar matahari mengingat kondisi kulit dan riwayat kesehatan Anda.

Cara menghilangkan psoriasis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *