Proses pengobatan sakit tenggorokan

Posted on

Proses pengobatan sakit tenggorokan – Satu dosis kortikosteroid oral tanpa antibiotik tidak membantu pasien tenggorokan merasa lebih cepat, data dari percobaan acak terkontrol. Apalagi perawatan steroid tidak mengurangi pemakaian antibiotik.

Proses pengobatan sakit tenggorokan

Pada 24 jam, pasien yang mendapat pengobatan steroid tidak memiliki kemungkinan untuk menyelesaikan komplikasi lengkap sakit tenggorokan akut dibandingkan mereka yang menerima plasebo, Gail Nicola Hayward, PhD, dari University of Oxford, Inggris, dan rekannya melaporkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan. Dalam edisi 18 April JAMA.

obat sakit tenggorokan di apotik

Pengobatan steroid dosis tunggal memang menghasilkan peningkatan proporsi pasien yang mengalami resolusi gejala secara signifikan pada 48 jam, yang merupakan titik akhir percobaan sekunder. Namun, berdasarkan jumlah pasien yang tinggi (n = 12) yang perlu diobati agar salah satu dari mereka mendapatkan manfaatnya, “temuan penelitian kami tidak mendukung penggunaan steroid secara rutin untuk sakit tenggorokan pada perawatan primer,” Dr. Hayward menjelaskan di Sebuah video yang menyertai laporan tersebut.

Baca juga : Obat sakit tenggorokan di apotik

Dalam tinjauan sistematis yang diterbitkan sebelumnya, Dr Hayward dan rekannya menemukan bahwa satu dosis kortikosteroid oral sebagai tambahan terhadap terapi antibiotik secara signifikan meningkatkan kemungkinan penyelesaian lengkap nyeri tenggorokan akut dalam waktu 24 jam.

Proses pengobatan sakit tenggorokan

Oleh karena itu, dalam percobaan saat ini, mereka berusaha untuk menilai keefektifan klinis dari satu dosis dexamethasone oral dibandingkan dengan plasebo di antara orang dewasa berusia 18 tahun atau lebih dengan sakit tenggorokan akut yang tidak memerlukan terapi antibiotik segera.

Dari 565 orang dewasa yang memenuhi syarat yang menyajikan 42 praktik keluarga di Inggris Selatan dan Barat antara bulan April 2013 dan Februari 2015 dengan sakit tenggorokan akut yang tidak memerlukan antibiotik segera, 288 menerima satu dosis oral 10 mg deksametason dan 277 menerima plasebo yang sesuai pada hari itu. Kunjungan klinik mereka

Hasil studi utama adalah resolusi gejala yang lengkap pada 24 jam, dan hasil sekunder adalah resolusi lengkap 48 jam, durasi gejala yang cukup parah, kunjungan perawatan kesehatan lebih lanjut yang berkaitan dengan sakit tenggorokan, penggunaan obat bebas resep, obat-obatan terlarang, efek samping , Dan waktu jauh dari sekolah atau pekerjaan.

Proses pengobatan sakit tenggorokan

Jumlah pasien yang mencapai resolusi gejala lengkap pada 24 jam secara statistik serupa pada kelompok intervensi dan kontrol (22,6% vs 17,7%; P = .144). Juga, tidak ada perbedaan yang signifikan yang diamati dalam durasi gejala yang cukup parah, kunjungan kesehatan lebih lanjut yang berkaitan dengan sakit tenggorokan, dan penggunaan obat resep, efek samping atau waktu jauh dari sekolah atau pekerjaan.

Pada 48 jam, 35,4% pasien pada kelompok steroid secara keseluruhan mengalami resolusi lengkap dibandingkan dengan 27,1% kelompok plasebo (P = .031). Perbedaan antara kelompok yang sama diamati di antara peserta yang tidak diberi resep antibiotik tertunda, dengan 37,6% pada kelompok perlakuan dan 27,2% pada kelompok plasebo mengalami resolusi penuh dalam 48 jam (risiko relatif, 1,37; CI 95% 1,01 – 1,87; P = .046), “namun tidak ada perbedaan yang signifikan yang diamati untuk peserta yang mengajukan resep yang tertunda,” tulis para penulis.

Kemungkinan resolusi gejala penuh pada 24 atau 48 jam tidak dipengaruhi oleh tingkat keparahan sakit tenggorokan pada awal atau dengan temuan streptokokus positif pada usapan tenggorokan, para penulis menulis.

Proses pengobatan sakit tenggorokan