Iklan Social Media Bisa Pengaruhi Selera Makan Anak

Maret 04, 2019 0 Comments

Iklan Social Media Bisa Pengaruhi Selera Makan Anak

Pengaruh besar media sosial pada anak-anak bukan hanya masalah kecanduan tapi juga pada pilihan pola makannya.

Seperti dilansir Health Cleveland, anak-anak yang melihat unggahan iklan camilan tidak sehat di media sosial akan mengasup lebih banyak kalori.

Selain itu asupan makanan tidak sehatnya naik secara signifikan daripada anak-anak yang melihat tayangan camilan sehat, atau produk non-makanan.

Studi tersebut mengamati 176 anak-anak berusia antara 9 dan 11 tahun. Mereka secara acak ditugaskan untuk melihat berbagai profil influencer media sosial dengan camilan sehat, camilan tidak sehat, atau produk non-makanan.

Psikolog anak Kate Eshleman mengatakan tidak kaget jika iklan sangat persuasif terhadap anak-anak.

"Iklan memiliki banyak dampak pada anak-anak," kata psikolog yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

"Mereka melihatnya dan mereka menginginkannya, dan orang tua harus bersiap untuk membatasi hal-hal itu di rumah."

Eshleman mengatakan, salah satu cara menghindari perangkap iklan di media sosial adalah berbicara dengan anak-anak tentang pilihan makanan sehat.

Selain itu, orang tua juga harus selalu tahu apa yang ditonton anak-anak, sehingga mereka dapat menerangkannya.

Baca juga: Cara Sehat Membantu Anak Gemuk Mengurangi Berat Badan

"Secara umum, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang ditonton anak-anak mereka--dan itu termasuk iklan," katanya.

"Kamu ingin tahu mengapa seorang anak bertanya tentang ini atau membicarakan hal itu. Dan cara terbaik untuk memahami hal-hal itu adalah dengan mengetahui apa yang mereka tonton."

Eshleman mencatat, hasil penelitian ini bukan berarti orang tua tidak boleh membiarkan anak-anak mereka melihat konten secara daring.

Dia merekomendasikan agar mengawasi seluruh aktivitas anak-anak menonton di media sosial, dan tidak dianjurkan memberikan gawai seperti ponsel atau tablet.

Baca juga: Mencegah Anak Balita Trauma Makan

Lana rezky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: