Perbedaan Kamera Lumix S1 Dan Lumix S1R Yang Harus Kamu Tahu

Mei 07, 2019 0 Comments


Perbedaan Kamera Lumix S1 Dan Lumix S1R Yang Harus Kamu Tahu

Meski menjadi salah satu brand yang paling dikenal di dunia, Panasonic nyatanya masih baru memiliki kamera tanpa kaca yang diluncurkannya pada bulan April 2019 lalu. Lumix S1 dan Lumix S1R, menjadi dua generasi pertama yang mengawali ekspedisi Panasonic untuk meramaikan produk mirrorless full frame di pasaran. Sebagai generasi pertama, produk ini dibekali panasonic dengan teknologi dan fitur terbaru agar setingkat dengan produk-produk mirrorless lainnya. Meski berstatus kakak adik, berikut beberapa perbedaan antara kamera Lumix S1 dan S1R yang perlu anda ketahui.

Perbedaan dan Persamaan Kamera Lumix S1 Dan Lumix S1R

1. Resolusi
Sama seperti produk kamera Sony A7 dan A7R, Lumix S1R juga memiliki produk alternatif yaitu Lumix S1 dengan patokan harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, Lumix S1 masih memiliki beberapa fitur yang sama dengan kakaknya. Untuk kalian yang tidak mempermasalahkan harga, maka Lumix S1R menjadi pilihan yang sangat pas dengan sensor full frame 47,3 megapixel, sedangkan kamera Lumix S1 hanya puas dengan 24,2 megapixel. Meskipun memiliki resolusi lebih rendah, kualitas videografi pada kamera Lumix S1 juga memiliki kualitas yang sama dengan Lumix S1R yang lebih memilih menggunakan metode pixel binning.

2. Kualitas Fotografi Dan Videografi
Meski keduanya sama-sama memiliki fitur High Resolution Multishot Mode, nyatanya mereka memiliki tingkat kualitas yang jauh berbeda. Jika tingkat resolusi dipaksa ke mode maksimum, Lumix S1R mampu menghasilkan fotografi dengan resolusi maksimal 187 Megapixel. Sedangkan untuk versi Lumix S1, harus puas dengan kualitas fotografi 96 megapixel saja. Namun mereka berdua terlihat identik ketika diadu kualitas videografinya, mengapa? Hal ini dikarenakan keduanya bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K 60p/50p. Untuk menghasilkan bidikan yang lebih optimal, keduanya juga sama-sama dibekali fitur sensor AI, dust removal dan juga body tahan cuaca.

3. Persamaan Keduanya
Panasonic benar-benar menggodok dengan matang konsep yang akan mereka buat ketika menyusun kamera Lumix S series ini. Hal ini terbukti dengan klaim yang menyatakan bahwa Lumix S1R dan S1 sama-sama menjadi kamera pertama mirrorless yang mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K 60p/50p pertama di dunia. tak hanya itu, kedua produk ini juga didesain khusus dengan stabilizer unggul IBIS 5-axis, sehingga mampu menghasilkan gambar berkualitas dalam waktu singkat walau tanpa tripod. Dengan stabilizer ini juga membuat bobot keduanya bukan jadi masalah, karena dijamin sangat stabil di telapak tangan.

Meski memiliki kekuatan resolusi lensa yang berbeda, nyatanya, kedua produk ini memiliki rentang kepekaan ISO yang sama yaitu mencapai 51200. Kalian juga bisa menikmati sensasi shuttle shot dengan kecepatan hingga 9 fps atau 6 fps apabila menggunakan continuous autofocus. Masih kurang? Kalian juga mampu meningkatkan kecepatan hingga 30 fps dengan mode 6K photo dengan tingkat resolusi 18 megapixel. Kesamaan menonjol antara kamera Lumix S1 dan S1R juga dapat kalian rasakan ketika melihatnya secara langsung. Pada bagian belakang, kalian bisa melihat adanya layar LCD touch screen yang hanya bisa digerakan ke 3 sudut berbeda. Kemudian dapat kalian jumpai juga viewfinder OLED dengan tingkat resolusi tertinggi saat ini, 5,76 juta dot.

Itulah beberapa perbedaan antara kamera LumixS1 dan Lumix S1R yang perlu kalian tahu. Meski harganya terlampau jauh, ternyata keduanya tidak memiliki banyak perbedaan. Bahkan keduanya layak dijuluki kamera mirrorless full frame yang identik. Nah, untuk itu, bukan masalah jika memilih Lumix S1 sebagai alternatif, karena kualitas fotografi dan videografinya sama-sama luar biasa.

Lana rezky

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: