Penting! 5 Perawatan Sistem Pendingin Mobil yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Bulan

November 29, 2019 0 Comments



Penting! 5 Perawatan Sistem Pendingin Mobil yang Wajib Kamu Lakukan Setiap Bulan
Sumber: seva.id
Merawat komponen mobil adalah hal yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan sistem pendingin merupakan salah satu komponen paling penting dalam mobil. Sistem pendingin mobil pada umumnya sudah didukung oleh 3 hal berikut ini; minyak pelumas, udara dan cairan pendingin. 3 bahan itu saling berkaitan dan elemen yang paling penting untuk kinerja mobil.
Radiator sangat berguna sebagai mendinginkan suhu pada mesin mobil. Oleh sebab itu, radiator harus terjaga serta dirawat dengan baik. Merawat radiator sangat dianjurkan karena untuk menjaga dan mempertahankan kebersihan radiator, baik untuk bagian luar atau dalam.
Kebersihan radiator ini masih sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal, kalau radiator tidak terawat dengan benar, kualitas mesin akan sangat rentan rusak. Jika kamu ingin mengetahui lebih lengkap bagaimana cara merawat radiator mobil, kamu bisa membaca tipsnya di bawah ini.

     Perhatikan Air untuk Radiator

Salah satu cara merawat radiator, yaitu dengan selalu memperhatikan air di radiator. Masalah yang paling sering terjadi pada mobil adalah seringnya suhu mesin meningkat drastis atau overheat. Hal itu terjadi dikarenakan kurangnya air pada radiator mobil kamu. Ketika air di radiator kurang akan mengakibatkan suatu tekanan di penutup radiator serta tekanan yang akan disalurkan melalui tabung cadangan air radiator akan mengakibatkan kerusakan.  Sebaliknya, jika suhu mesin menurun, maka vakum itu akan menghisap air kembali seperti semula. Kamu juga harus mengetahui terlebih dahulu bahwa batas aman air di radiator dalam keadaan indikator full atau low. Jadi, harus  selalu mengecek air pada radiator mobil kamu ya.

     Menguras Tangki Radiator Setiap Hari

Langkah ke 2 untuk merawat radiator, yaitu selalu menguras tempat menampung air radiator. Menguras tangki bertujuan untuk menghindari  korosi pada komponen yang berasal dari material logam. Untuk menguras tangki, kamu bisa melakukannya minimal 1 minggu sekali. Manfaat ini bertujuan untuk membuat suhu mobil tetap terjaga dengan bagus serta  terhindar dari kerusakan yang sering terjadi, yaitu overheat.


     Menghindari penggunaan Air Keran
Tips ketiga, yaitu menghindari penggunaan air keran pada radiator kamu. Air keran mengandung zat besi yang cukup jahat serta dapat mengakibatkan korosi tangki radiator. Dan harus diketahui, air radiator tidak hanya berguna untuk mendinginkan mesin saja, tapi bisa juga mencegah terjadinya karat di saluran air radiator. Maka kamu harus menghindari menggunakan air keran.

     Menggunakan Coolant Radiator

Langkah ke 4 untuk merawat radiator yaitu dengan menggunakan coolant radiator. Kamu harus menghindari menggunakan air keran, maka solusi paling tepat untuk menjaga radiator, yaitu dengan memakai radiator coolant. Radiator Coolant tidak hanya berfungsi untuk menjaga suhu mesin mobil, radiator coolant juga dapat mengangkat kotoran atau karat yang ada di tangki radiator. Pilihlah coolant radiator yang pas untuk mobil kamu.

     Harus Menutup Radiator
Langkah terakhir untuk merawat radiator yaitu harus menutup radiator mobil kamu. Pastikan kamu menutup radiator dengan rapat sehingga air radiator coolant tidak berantakan atau bocor saat menahan suhu mesin yang begitu panas. Tidak hanya menutup radiator, beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat radiator adalah kamu harus memastikan sistem radiator mobil kamu terjaga dengan baik.
Itulah 5 langkah untuk merawat radiator mobil agar tidak cepat overheat dan rusak. Pastikan kamu selalu mengecek komponen satu ini agar tidak akan terjadi kerusakan di mesin.


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: