Yuk Cari Tahu Resep Semur Ayam Yang Mudah Dibuat

November 30, 2019 , 0 Comments


Salah satu makanan khas nusantara yang banyak diolah adalah semur ayam. Makanan satu ini memang disukai oleh sebagian masyarakat karena menghasilkan rasa yang manis nan gurih. Selain itu, cara memasak dan penyajiannya yang cepat pun juga akan membuat anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah untuk anda temukan, untuk itu kali ini akan diulas tentang resep semur ayam yang bisa anda coba. Berikut resepnya.

Cara Membuat Semur Ayam Di Rumah Dengan Mudah

1. Bahan yang perlu untuk disiapkan
Sebelum memulai memasak semur ayam, pastinya anda akan membutuhkan bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Pertama, untuk membuat masakan ini anda akan membutuhkan ayam sebnyak 1 ekor. Kemudian untuk pemanis rasa, anda membutuhkan setidaknya 100 mililiter kecap manis. Serta 1 ruas jahe, 7 buah cengkeh, 1 sendok teh pala bubuk atau setengah butir pala yang telah diparut.

Kemudian untuk dapat membuat resep semur ayam ini, anda juga membutuhkan 4 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas dan 1 batang serai yang telah dihaluskan sebelumnya. Anda pun tentu saja akan membutuhkan 2 sendok makan bawang merah yang sebelumnya telah digoreng. Dan yang terakhir adalah anda juga perlu menyiapkan 1 liter air.

2. Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bumbu Halus
Dalam membuat makanan bercita rasa manis ini, anda juga membutuhkan bahan bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus. Bahan tersebut diantaranya adalah 2 sendok teh ketumbar, 2 sendok teh merica dan 6 buah kemiri. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan 2 sendok teh garam, 1 sendok teh kaldu bubuk ayam, 10 butir bawang merah dan yang terakhir adalah 6 butir bawang putih. bahan tersebut kemudian dihaluskan secara bersamaan.

3. Cara Memasak Yang Perlu Untuk Anda Ketahui
Setelah anda menghaluskan bahan bahan untuk bumbu halus tersebut, maka anda bisa dengan mulai membuat resep semur ayam. Pertama, anda bisa memotong dan mencuci ayam hingga bersih. Jika masih terdapat sisa sisa bulu ayam yang menempel, maka anda pun bisa membersihkannya dengan teliti sebelum mulai mengolahnya. Sebelum memasak, anda bisa memotong bagian ayam menjadi beberapa bagian. Kemudian rendam ayam tersebut selama 15 menit.

Setelah anda selesai merendamnya, maka anda bisa membilas ayam menggunakan air yang mengalir. Hal ini bertujuan agar mencegah timbulnya bakteri pada ayam. Selanjutnya anda bisa menyiapkan panci yang akan digunakan untuk membuat ayam, kemudian nyalakan kompor dengan api sedang. Kemudian anda bisa mulai dengan memasukkan bumbu halus tersebut untuk ditumis bersama dengan jahe, lengkuas, serai, daun salam, pala dan cengkeh.

Resep semur ayam selanjutnya, anda pun bisa memasukkan potongan ayam yang telah dicuci bersih tersebut dengan bumbu halus yang telah ditumis dan aduklah hingga merata. Anda bisa menunggunya selama beberapa menit hingga ayam menjadi setengah matang. Setelah itu, ketika ayam sudah menjadi setengah matang, maka anda bisa menambahkan air dan kecap manis ke dalam panci dan aduk secara merata hingga ayam menjadi matang dan empuk.

Untuk memperoleh semur ayam dengan rasa yang nikmat, anda pun bisa dengan tidak mematikan kompor terlebih dahulu hingga semua bumbu meresap pada ayam dan kuahnya menjadi sedikit mengental. Hal ini tentu saja akan mampu berfungsi sebagai penguat rasa dan membuat semur ayam anda menjadi lebih enak. Anda pun dapat menyajikan masakan ini dengan sepiring nasi hangat. Dijamin, semur ayam ini akan membuat makan anda menjadi lebih lahap.


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: