Cuaca Ekstrem, Siap – Siap Banjir Melanda Pemukiman Anda

Januari 24, 2020 0 Comments


Cuaca Ekstrem, Siap – Siap Banjir Melanda Pemukiman Anda

Cuaca ekstrem belakangan ini memang membawa beberapa masalah. Salah satunya banjir. Bencana banjir sedang sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia ini menimbulkan dampak negatif berkepanjangan. Mulai dari hilangnya aset pribadi hingga penyakit yang sulit untuk disembuhkan

Bencana banjir tidak jarang datang tanpa tanda – tanda. Kebanyakan orang sibuk mengevakuasi diri tanpa peduli keamanan aset seperti sertifikat, uang dll. Tidak jarang juga listrik lupa dipadamkan. Akibatkan korsleting listrik hingga kebakaran bisa terjadi di rumah anda. Lalu apa saja yang harus dilakukan ketika banjir bandang datang? Berikut pemaparannya.

Jangan Panik, Lakukan Langkah – Langkah Berikut Ini Agar Keluarga dan Aset Anda Aman

Wajar ketika bencana banjir datang melanda pemukiman anda. Tapi anda harus tetap tenang dan selanjutnya mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Selain itu perhatikan juga langkah – langkah berikut agar keluarga dan aset anda tetap aman.
1.     Pindahkan barang berharga ke tempat yang tidak tersentuh air
Barang berharga seperti sertifikat, uang dan lainnya bisa anda bungkus dengan plastik wrap dan simpan di tempat yang aman. Karena jika barang ini hilang akan sulit untuk membuatnya kembali.

2.     Amankan baju anda
Tahukah anda betapa sulitnya membersihkan pakaian kotor? Dan setelah banjir harga laundry akan naik pesat. Tidak ingin kan capek 2x ? Nah, untuk menyiasatinya silahkan amankan baju anda agar tidak kotor atau bahkan terendam air lumpur.

3.     Cabut semua alat elektronik dan aliran listrik
Untuk meminimalisir kemungkinan korsleting listrik ada baiknya anda memulai duluan mencabut semua alat elektronik dan sambungan listrik lainnya. Karena jika korsleting listrik bersumber dari rumah anda akan berpengaruh pada hunian sekitar. Gak mau kan disalahin tetangga?

4.     Cabut selang tabung gas dari kompornya
Selang tabung gas sebaiknya dicabut dari kompor dan segera simpan tabung, kompor beserta selang gas di tempat yang sekiranya aman. Dalam situasi seperti ini kita tidak bisa memperkirakan kemungkinan apa saja yang akan terjadi. Jadi, lebih baik mempersiapkan diri dan mengamankan seluruh peralatan yang dimungkinkan.

5.     Simpan Stok Makanan
Saat banjir melanda, salah satu komoditas penting yang harus diamankan adalah stok makanan terutama makanan yang mudah untuk diolah dan dikonsumsi. Saat banjir melanda, seluruh barang di rumah Anda akan tergenang oleh air kotor termasuk persediaan makanan. Padahal, kebutuhan makan adalah kebutuhan primer yang tidak bisa ditunda-tunda.

Oleh karena itu, sejak jauh-jauh hari sebaiknya simpan beberapa stok makanan instan yang siap saji di dalam tas berukuran besar. Makanan yang dapat disimpan seperti roti, biskuit, ataupun makanan yang mudah diolah tatkala banjir melanda. Simpan pula beberapa botol air mineral ukuran besar untuk jaga-jaga.

6.     Persiapkan Obat-Obatan
Beberapa jenis penyakit akan mudah menyerang tatkala banjir datang. Untuk itu persiapkan pula beberapa macam obat-obatan yang sekiranya akan sangat dibutuhkan. Obat diare, paracetamol,, obat flu hingga suplemen sebaiknya disimpan dalam tas khusus.

7.     Evakuasi diri
Langkah terakhir adalah evakuasi diri. Evakuasi diri dan keluarga anda ke tempat yang lebih aman. Selain itu bawalah perbekalan makanan dan pakaian untuk beberapa hari ke depan karena banjir tidak akan surut hanya dalam satu malam.

Jadi, tidak ada salahnya cari aman dengan melakukan hal pencegahan kejadian tak diinginkan sembari mempersiapkan diri untuk evakuasi. Selalu jaga lingkungan buang sampah pada tempatnya dan bersihkan saluran air untuk mencegah terjadinya banjir.


Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard. Google

0 komentar: